B untuk Belajar

“ingat ya, belajar yang rajin, biar nilai tesmu nanti bagus!!’ Itulah kalimat yang sering kita dengar dilontarkan orang tua bagi anaknya, apalagi ketika menjelang kenaikan kelas. Yah, belajar, belajar dan belajar. Seiring waktu, saya belajar bahwa belajar itu bukan hanya sebatas membuka buku, memahami kemudian berhasil memperoleh nilai baik di tes akhirnya. Belajar itu lebih kompleks pengertiannya. Sekarang saya sedang belajar hidup. Saya memang hidup, masih bernapas dan masih mampu menulis, dan bagaimana saya belajar survivedalam hidup. Ketika hidup dalam suatu lingkungan sosial yang kompleksitasnya lebih tinggi dari keluarga, apalagi saya yang bukan lagi anak kecil berusia 10 tahun. Mau tidak mau kita harus belajar banyak hal. Belajar untuk memahami, menghargai, dan mendengarkan. Belajar berpikir positif, belajar berani menentukan pilihan, belajar menyemangati diri sendiri walau itu kadang terasa seperti mengunyah puluhan bungkus permen  jahe dalam sekali kunyah. PEDAS!!. Belajar memaafkan, belajar melihat, belajar jujur, belajar tekun.
Well, mungkin hidup itu harus seperti itu. Kalau tidak begitu bukan hidup namanya. Ngomong-ngomong soal belajar, saya memang masih harus banyak belajar. Saya masih belajar menulis, Sungguh!! Kadang saya merasa susah sekali menuangkan pikiran kedalam sebuah tulisan, padahal sepertinya sudah jelas deretan huruf tergambar di otak, tinggal bermain-main dengan keyboard, dibaca ulang dan PUBLISH!!! Horeee.🙂. Namun kadang hidup tak berjalan sebagaimananya kan sobat??? Kadang lama sekali saya menelantarkan blog ini dengan alasan kesibukan, padahal sebenarnya saya punya waktu, benar-benar punya waktu.Yah, mungkin saat itu saya sedang tak ingin saja. fiuhhh!!
Jika nantinya saya tua suatu waktu nanti, jika,  saya mungkin akan belajar berjalan menggunakan tongkat, belajar bersabar menghadapi pinggang saya yang frekuensi encoknya bertambah parah, belajar menepati janji dengan dokter sebulan sekali untuk mengecek kolesterol saya, dan mungkin belajar berdandan untuk menutupi kerutan diwajah.

Memang, itulah hidup. Selamat Belajar😀Image

Leave a Reply

