M untuk Merdeka !!!!

Hari ini 17 Agustus 2012, Bangsa Indonesia genap berusia 67 tahun. Jalan-jalan dihiasi oranamen Merah Putih dari beberapa hari lalu. Semaraknya memuncak pada Upacara Pengibaran Bendera tadi pagi. Saya sendiri tidak secara langsung mengambil bagian dalam upacara tersebut. Saya akhirnya hanya mengikuti jalannya upacara dari kamar, kebetulan tepat di depan kos ada SMP swasta.  Tetap kidhmat ditengah sayup-sayup suara kendaraan bermotor yang berseliweran.
Perayaan kemerdekaan bukan hanya sekedar seremonial, pasang bendera kiri-kanan, hormat saat bendera dinaikkan, atau berdecak kagum saat Naskah Proklamasi kembali dikumandangkan. Kemerdekaan bukan hanya berhenti dihari ini saja. Enam Puluh Tujuh tahun menyisakan segudang pekerjaan untuk diselesaikan. Bangsa ini, kita semua, masih harus berjuang melawan korupsi, kemiskinan, buta huruf, kejahatan, kemerosatan nasionalisme, peperangan internal, anarkis, perlakuan hukum yang tidak adil ,pencurian hak cipta bangsa, fanatisme berlebihan serta yang paling utama menjaga posisi PANCASILA sebagai Ideologi negara.

Pertanyaannya, sudah siapkah kita mengorbankan diri kita untuk meraih kemerdekaan seutuhnya bagi bangsa ini?? Bukan lagi dengan pertumpahan darah namun pertarungan ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan. Semoga para Pahlawan di alam sana akan tersenyum menatap kita suatu hari kelak.

Sekali Merdeka ……….. Tetap Merdeka.. DIRGAHAYU KE-67 INDONESIA-Ku. Jaya Selalu🙂

disadur dari http://nasionalis.com/

 

NB: Terima kasih untuk Upacara Digital di http://www.id-optimis.org. Inspirasional dan Membakar Semangat Nasionalisme. Salam persaudaraan Indonesia. Salam MERDEKA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s