RANDOM FEELING

C0139971 SPL reduced
Double Helix Chain (source http://www.nature.com)

Ini perasan random yang mungkin disebut rindu oleh semua orang. Ya perasaan random yang menghampiri saya semenjak menonton tayangan pagi di TV beberapa hari kemarin tentang DNA Forensik. Hati saya memekik merindukan laboratorium dan segala aktivitasnya yang dulu pernah saya jejali begitu intens. Saya langsung mengingat-ingat dimana jas lab saya sekarang berada. Ya, untuk beberapa laboratorium memang sebelum masuk diharuskan mengenakan jas lab dan sepatu tertutup bahkan masker.

Neuron interkoneksi saya mencuatkan ingatan yang begitu kuat tentang masa-masa kuliah saya yang sebagian besar dihabisakan dalam laboratorium. Mengamati morfologi bunga dan selalu keliru membuat rumusnya, mengamati benda kasat mata lewat mikroskop hingga membuat larutan untuk mengisi 1000 tabung reaksi yang metode pengisiannya secara manual, yakni dipipet satu-satu. -_-“

Saya rindu merasakan perasaaan deg-degan menanti hasil penelitian berhasil atau tidak. Saya ingat hari dimana mendapatkan hasil analisa komponen minyak asiri untuk penelitian skripsi. Oh God, perasaan itu seperti menang lotre. Ya, saya belum pernah menang lotre sih. haha. Tapi senang, senang sekali, karena proses preparasi yang jungkir balik kayak digulung badai kathrina dalam laboratorium selama satu bulan itu tak sia-sia belaka.

Namun proses penelitian itu seperti hidup, gak melulu selalu berhasil. Pernah dalam suatu praktikum di mata kuliah tingkat lanjut isolasi DNA bakteri saya dan seorang teman gagal pemirsa. GAGAL. Padahal sudah tiga kali pengulangan. Sirkuit otak semacam penuh dengan vorteks, EDTA, SDS, dan segala pengikutnya. Entah itu yang salah bakterinya, aura lab yang agak gimana gitu atau saya yang salah menerjemahkan metodenya. Haha. Ya, tidak semua penelitian itu harus berhasil bukan? (*kalimat motivasi diri paling manjur*). Kegagalan ada untuk kita kembali berefleksi, menganalisa setiap kemungkinan penyebab kegagalan tersebut dan memperbaikinya di masa depan. Untuk itulah  metode-metode baru yang disempurnakan terus bermunculan dalam perkembangan ilmu pengetahuan.

Pas zaman kuliah yang padat praktikum, biasanya output yang diminta adalah sebuah laporan. Dan ketika waktu sepertinya mepet sekali karena dulu sempat ikut dalam organisasi kampus, kebanyakan laporan dibuat dengan mengorbankan waktu tidur – begadang man. Ya, ya, SKS. Sistem kebut semalam, mahasiswa siapa yang tak kenal sistem tersebut? Itu memang jelas-jelas salah. Tapi bagaimana ya menjelaskan hingga terjadi seperti itu, hmm, no reason. Haha. Biasanya ide-ide mengalir begitu lancar ketika dateline mendekat. The Power Of Kepepet. And viola!! tugas sudah siap dikumpul pada waktunya. Padahal sebenarnya jika dipikir-pikir sekarang banyak waktu yang bisa digunakan untuk membuat tugas itu tanpa harus begadang.

Laboratorium itu bukan tempat yang menakutkan, kecuali yang ada penunggunya. Tapi biasanya kalo gak diganggu ya mereka gak akan ganggu kok,. hihihi.  Saya semacam rindu mencium bau senyawa-senyawa kimia, lalu mengulangi ritual minum susu setelah keluar dari laboratorium kimia sebagai penetral racun. Ah dulu saya pernah keracuanan Eter dan harus sakit selama tiga hari. Itu karena kronisnya penyakit pelupa saya, err.

#sebuah post yang random dalam perasaan yang random di sore yang penuh nostalgia – ABAIKAN!

17 thoughts on “RANDOM FEELING

  1. Laboratorium memang tempat paling menyenangkan. Tabung reaksi selalu menarik untuk dibawa pulang dan dimodifikasi menjadi asbak dan vas yang nyentrik. Lumayan, buat nutup uang kos… <– satu lagi keajaiban power of kepepet, hahaha.

      1. Lha kalau power of kepepet udah ‘menuntut’, apalagi untuk urusan pangan sama papan, dengan sangat terpaksa larangan diterabas toh? Haha…

      1. gagal panen satu musim.. wortel dan pisang langka dipasaran… udang menghilang dan jahe melonjak naik… busyeeeeeet….

Leave a Reply

