Merayakan Kehilangan

Dear Vanda,
Semua orang yang mengenalmu dekat hingga saat ini masih merayakan kehilanganmu. Setelah satu bulan lebih tak lagi bertukar cerita denganmu, rasanya belum begitu terbiasa. Masih kuingat bagaimana kabar yang datang  tanggal 1 Januari itu bagai ombak besar, menghantam kaki-kaki kami hingga tak berdaya. Aku, bahkan dihari itu lupa bagaimana cara menangis seperti yang semua orang rumah lakukan. Aku lebih memilih percaya bahwa kabar itu hanya mimpi buruk yang akan segera berakhir. Ya tentu saja aku terlalu naif karena kabar kepergianmu nyata adanya.

Aku tak menyangka akan kembali ke Makassar untuk merayakan kepergianmu. Apakah kau mendengar puisi yang kuciptakan untukmu hari itu? Itu salah satu caraku merayakan kehilanganmu hari itu. Saat Adek membacakannya pada misa di gereja semua orang mulai meledak tangisnya termasuk aku. Mama bahkan masih menangis hingga sekarang saat menyebut namamu dalam doanya. Ah Vanda, hidup memang penuh kejutan ya, dan awal tahun ini benar-benar mengejutkan. Tiada satu orang pun menyangka. Tapi sungguh, kau pergi dengan meninggalkan kenangan yang begitu manis dihati semua orang yang mengenalmu. Terimakasih sudah hidup menorehkan senyum setidaknya diwajahku setiap kali kita bercerita.

Hari ini aku merindukanmu begitu sangat kak. Lalu aku menulis surat ini. Mungkin tak akan kau baca, tapi ini sebagai perayaan akan kehilanganmu sekali lagi untuk diriku sendiri, supaya rinduku sedikit memudar. Seseorang pernah berkata padaku begini:  “Mencintai seseorang adalah menerima semua keterbatasannya, termasuk keterbatasan paling puncak yakni kematian”. Dia benar dan akupun benar dalam hal mencintaimu. Sungguh saudariku.

With Love,
Masya

13 thoughts on “Merayakan Kehilangan

Leave a Reply

