Puisi yang Kering

Tuan,
Sudah menulis berapa banyak puisi hingga hari ini? Aku sudah tak lagi ingat kapan terakhir kali menulis puisi. Mungkin seminggu atau sebulan lalu. Belakangan ini aku menemukan kekosongan setiap kali berusaha merampungkan apa yang sudah kumulai, terlebih sebuah puisi. Mungkin inspirasi sedang malas hinggap di kepalaku atau jiwaku saja yang sedang lelah berusaha mencari. Entahlah. Meminum segelas susu cokelatpun (yang biasanya berhasil), belum mampu juga membuatku menulis satu saja puisi. Seharusnya puisi itu menghidupkan. Tapi ditanganku puisi menjadi begitu kering. Menyedihkan.

Aku ingat ketika dulu pernah mengalami hal seperti demikian. Lalu obrolan tengah malam kita menjadi penyelamatnya. Bagian jiwaku yang kering begitu saja dipulihkan. Seajaib itukah obrolan kita? Padahal sepertinya hanya omong kosong tentang politik dan harapan palsu yang ditawarkan negeri ini. Tidak berbicara denganmu beberapa saat ini membuat pikiranku buntu dalam beberapa hal. Lalu mereka bilang, aku hanya sedang merindukanmu. Mereka keliru. Aku tidak merindukanmu, aku merindukan kita. Merindukan hal-hal yang sering kita lakukan bersama.

Well, memang seharusnya rindu tidak menjadi sedalam ini. Tapi apa yang bisa mencegahnya? Bahkan tanaman yang hendak matipun masih merindu hujan. Aku ingin sekali berteriak! Menarikmu dalam pusaran omong kosong imsonia. Tapi sayangnya aku memutuskan untuk diam. Beberapa rindu memang harus dirahasiakan, menjaga dirinya agar selalu utuh supaya tidak terus-menerus minta dipugar dan menanti semesta memecahkannya secara ajaib lewat sebuah temu yang entah kapan.

semoga setelah menulis surat ini, aku bisa menulis satu saja puisi rindu untuk diriku

6 thoughts on “Puisi yang Kering

Leave a Reply

