BERHENTI

Akhir-akhir ini saya juga sibuk, membereskan pekerjaan di siang hari, malamnya kalau sempat membaca atau menyelesaikan tulisan dan gambar. Tapi seminggu ini, saya merasa sangat lelah. Mungkin karena beban kerja yang semakin meninggi, mungkin juga karena hidup memberi saya kesempatan untuk patah hati lagi.

Beberapa hari lalu, saya duduk sendiri sambil makan siang, menyesap mocca float dan membaca buku. Orang-orang di sekeliling pun sibuk berbincang, ada yang sibuk berpindah, sibuk mengurus dirinya sendiri. Saya pun sibuk dengan diri sendiri. Dunia dan segala isinya seolah tak punya jeda untuk berhenti.

Lalu setelah makan, saya meletakkan buku sejenak, memasukan gadget dalam tas dan memusatkan pandangan ke sekeliling. Saya berhenti menyibukkan diri saya sendiri. Tidak, kala itu saya tidak sedang menerka-nerka kemana arah pembicaraan orang-orang itu atau kemana mereka hendak pergi. Saya hanya menikmati tindak tanduk mereka.

Aneh? Mungkin untuk kalian tapi saya rasa normal saja.

Saya berhenti sejenak mempedulikan diri saya, berhenti bertanya mengapa, berhenti membangun prasangka atas orang dan mulai menjadi pengamat dengan kepala kosong.

Bagaimana orang bisa menjadi pengamat dengan kepala yang kosong? Bisa kalau kita mau. Kalau tak ada kemauan mana bisa hal-hal akan terwujud?

Saat itu saya sedang dalam fase mengosongkan diri, melepas segala keegoisan dan prasangka🙂

Dan setelah itu, saya tahu selalu ada muatan baru yang menanti di depan, segala prasangka dan pembenaran diri yang melelahkan.

Ah, tenang. Nantinya saya perlu lebih banyak berhenti biar tetap waras.

6 thoughts on “BERHENTI

Leave a Reply

