Kepastian

Tak ada hal yang benar-benar pasti di dunia ini selain sebuah perubahan. Awalnya, saya pikir ini hanya pikiran gila saya saja. Tapi waktu akhirnya membuat saya semakin meyakini pikiran itu.

Setelah hampir kurang lebih empat bulan bergelut dengan hingar bingar dunia politik, saya semakin yakin saja bahwa satu-satunya kepastian di dunia ini adalah sebuah perubahan. Bukan, saya bukan politisi atau semacamnya. Saya jurnalis untuk sebuah koran lokal di Ambon, yang kebetulan saja beruntung ngeliput lalu nulis tentang politik.

Hanya sebagian hal yang bisa dipastikan di dunia ini, seperti besok ini hari Minggu dan lusanya lagi Senin. Tapi soal pandangan, keputusan, komitmen dan perasaan siapa yang berani menjamin bahwa hal-hal itu abadi?
Yang paling lekat dalam ingatan saya adalah saat-saat Konferda PDIP Maluku Maret lalu. Jadwal penyelenggaraan Konferda yang sudah dipastikan, tiba-tiba dimundurkan 8 jam sebelum waktu penyelenggaraan. Padahal spanduk sudah cetak dan dipasang dimana-mana. Yaoloohhh..

Belum lagi, beberapa hari lalu Mahkamah konstitusi memutuskan legislator yang mencalonkan diri sebagai kepala daerah harus mengundurkan diri terlebih dulu karena menganggap bahwa sangat tidak adil bila hanya PNS yang harus mengundurkan diri jadi dari jabatannya. C’mon.
Entahlah, cuma saya pikir legislator dan PNS merupakan dua subtansi yang berbeda dan regulasi PNS diatur dalam undang-undang ASN. Dan ini bukan masalah adil atau tidaknya perlakuan terhadap dua substansi atau soal serius tidaknya niat untuk bertarung.
Tapi MK memang harus mempertimbangkan masak-masak kemungkinan kejadian yang akan terjadi di daerah-daerah bila regulasi ini berjalan. Kalau misalnya saja hanya ada satu calon kepala daerah yang mendaftar lantas pilkada mundur lagi? Ah, efeknya merambat kemana-mana coy.

See, hal yang sudah pasti dan nyata saja bisa berubah dalam hitungan hari dan jam bahkan detik. Apalagi hal-hal yang abstrak macam perasaan? Kita gak bisa memastikan apa-apa soal itu.
Hari ini kamu bisa yakin sekali dengan pasanganmu, yakin bahwa kamu akan mencintai dia sampai mati. Tidak ada yang salah mengenai itu. Tapi kamu harus ingat, hari ini atau besok, pokoknya pada waktu yang tepat, setiap orang punya kemungkinan dan kesempatan yang sama untuk bertemu dengan orang baru yang lebih menarik dari pasangannnya. Apalagi kalau yang dijumpainya benar-benar membuatnya menjadi begitu penuh. Dan adalah pilihan yang sulit untuk tidak tergoda.

Politik sebenarnya adalah cerminan langsung dari kehidupan, bahwa hal-hal bisa berubah, orang-orang bisa berubah tanpa bisa kita prediksi. Jadi, jangan terlalu yakin bahwa setiap hal akan abadi. Yang abadi hanyalah sebuah perubahan.

Well, Selamat menikmati perubahan🙂

One thought on “Kepastian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s