Perjuangan Jadi Artis

dsc_0872

 

 

 

doc. pri

Judul         : Dunia Tirsa
Penulis      : Eva Sri Rahayu
Penerbit    : Stiletto Book
Cetakan    : I, Oktober 2011
Tebal          : 295 halaman
ISBN           : 978-602-96026-6-1

Novel ini adalah novel ketigapenulis dan memang terbit enam tahun lalu. Dengan genre chicklit yang menyajikan polemik kehidupan wanita urban.
Tirsa, wanita enerjik berumur 25 tahun ingin sekali menjadi seorang aktris terkenal. Untuk menggapai mimpi-mimpinya, ia melakukan banyak pengorbanan termasuk pendidikannya di universitas.
Tirsa digambarkan sebagai wanita cantik dan mandiri, yang rela meninggalkan rumah nyamannya dan hidup sendiri agar mimpi sebagai artis bisa tercapai. Buku dibuka dengan penggambaran sosok Tirsa dan khaylan-khaylannya yang bikin ngakak.
Dari peran-peran kecil, ia kemudian mendapat kepercayaan untuk peran yang lebih besar. Sayangnya, kesempatan itu lewat karena Trisa termakan jebakan saingannya sesama artis Rhaisya. Bahkan hubungan Trisa dengan sahabat nya Desta pun keruh. Mereka tak lagi bercakap karena masalah sepele.
Trisa kemudian mulai fokus menyelesaikan kuliahnya karena terancam drop out. Dibantu Rhein, teman wanitanya, ia perlahan bangkit. Tawaran syutingpun mulai banjir dan disitulah ia diperkenalkan dengan Adam, cowok super cool yang  buat Tirsa deg degan berakhir jadi manajernya.
Semakin tinggi pohon, semakin kuat juga angin yang menerpa. Begitu juga hidup Tirsa. Ditengah kejayaan, ia malah mengalami keterpurukan yang teramat parah. Ditinggalkan dan kemudian difitnah seseorang dari masa lalunya.
Tapi jangan khawatir ending khas chiklit yang selalu menawarkan bahagia.

***

Saya suku alur cerita di novel ini dan bahasanya yang ringan bikin kita asyik membacanya. Membaca ini, memberikan pengetahuan lebih dari getirnya kehidupan selebritis.
Dari novel ini kita banyak belajar bahwa hidup memang adalah sesuatu yang harus diperjuangkan dan kalau gagal trus mau galau oke, tapi jangan lama-lama jeeng. life must go on!
Tokoh favorit saya dalam novel ini, of course; Rhein. Ya ampun, kece badai wanita ini. Sayangnya akhir baginya dalam novel ini bikin mewek.
Untuk cover manis khas chicklit. Untuk tata letak, ada beberapa halaman yang persis sama dengan halaman sebelumnya, mungkin kesalahan cetak, tapi tidak menggangu jalan cerita kok.

“Selalu ada kesempatan kedua. Jika kesempatan itu gak pernah datang lagi, berarti kita yang mesti buat kesempatan” – Tirsa (25)

 

Tiga dari lima bintang untuk karya Eva

Advertisements

3 thoughts on “Perjuangan Jadi Artis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s