A Star is Born (Spoiler Alert!)

A Star Is Born
A Star is Born

Buat saya, waktu dua jam yang saya habiskan di bioskop untuk menonton A Star is Born tidaklah sia-sia. Film ini jauh diatas ekspektasi saya, mulai dari jalan cerita hingga akting Lady Gaga dan Bradley Cooper yang memukau.
Kisah ini menceritakan kehidupan seorang penyanyi country bernama Jackson Maine (Cooper). Berada di puncak karier, ia justru terjerumus dalam candu obat-obatan dan alkohol. Semua itu tak lepas dari pengalaman masa lalunya yang kelam. Terlebih gangguan pendengaran yang ia derita, membuat bermusik hanya sebagai pelarian belaka.
Namun pertemuannya dengan Ally (Gaga) di sebuah klub malam mengubah segalanya. Suara Ally yang menyanyikan ‘La Vie en Rose’ seakan merasuki Jackson. Rasa suka antara keduanya pun mulai tumbuh.
Kisah cinta mereka dikemas dengan manis. Mulai dari perban es di tangan Ally, ciuman pertama usai pentas hingga senar gitar yang digunakan Jackson untuk melamar Ally. Selain berbalut kisah cinta, film ini menceritakan bagaimana perjalanan karir Ally hingga menjadi penyanyi profesional.
Ally pertama kali tampil di depan ribuan penonton dalam konser Jackson, menyanyikan lagu ‘Shallow’ yang sudah lama ia ciptakan. Ally pun kemudian mengikuti rangkaian tur Jackson ke beberapa kota. Sampai ia bertemu dengan seorang produser musik, Rez Gavron.
Kehidupan Ally pun mulai berubah, dimana dirinya kian tenar meskipun mulai melakukan apa yang tak ia senangi demi tuntuan industri musik dunia. Sementara Jackson, yang meskipun masih bermusik, semakin larut dalam candu alkohol dan obat-obatan terlarang.

Meninggalkan Bekas
Seusai menonton A Star is Born, saya keluar dari bioskop dengan hati yang patah. Hubungan Ally dan Jackson pada akhirnya harus usai. Namun, bukan bercerai tapi Jackson memilih mengakhiri hidupnya dan meninggalkan Ally dan Charles.
Tak hanya sukses berperan sebagai Jackson, Bradley Cooper yang juga menjadi sutradara serta produser di balik film ini sangat berhasil membangun konflik hingga klimaks dan menyisakan patah hati mendalam.
Ally dan Jackson adalah couple goals. Bagaimana cara mereka berinteraksi, melihat satu sama lain, menciptakan musik, semuanya sangat indah. Tapi akar depresi Jackson yang luput dari perhatian Ally justru menjadi bumerang di akhir kisah.
Bukan cuma bekas patah hati, film ini juga meninggalkan pesan-pesan yang menjadi pengingat kita semua. Misalnya jangan pernah menganggap sepele soal depresi dan seberapa jauh kita berani mewujudkan mimpi masing-masing.

Banyak Kejutan
Banyak kejutan yang saya nikmati selama film. Pertama, Gaga pandai berakting. Kemudian Cooper punya suara yang bikin klepek-klepek. Kalau soal akting, Cooper sih gak usah diragukan lagi. Sudah nonton Limitless atau Hang Over kan?
Lagu-lagu sepanjang film ini enak didengar dan seluruhnya merupakan lagu asli yang belum pernah dipublikasikan. Bahkan  berita semalam menyebutkan, tiga lagu yang ditulis Gaga untuk film ini, yakni “Shallow”, “Always Remember Us This Way” dan “I’ll Never Love Again”  diajukan Warner Bros sebagai kandidat untuk mendapatkan Oscar.
Banyak cerita menarik di balik pembuatan film ‘A Star is Born’ ini dan bisa kalian lihat cuplikan wawancaranya di YouTube. Namun, buat saya yang paling menarik adalah kisah mengenai bagaimana Bradley Cooper meyakinkan Gaga untuk tampil dalam film garapannya.
Ia datang ke rumah Gaga untuk berbincang dan kemudian mengajak Gaga bernyanyi bersama. Dalam wawancara bersama People TV, Bradley mengaku ia gugup terlebih menghadapi penyanyi sekelas Gaga. Meskipun bukan penyanyi, baginya tak ada cara lain untuk meyakinkan Gaga. Ternyata tindakan Bradley tersebut membuat Gaga yakin untuk terlibat dalam film ini.

4,7 dari 5 untuk A Star is Born.

Advertisements

2 thoughts on “A Star is Born (Spoiler Alert!)”

  1. Kemarin juga aku habis nonton ini. Good music, good actress, good story. Dan baru nyadar Lady Gaga ternyata cantik juga tanpa make up tebel dan aneh aneh. Dan setuju banget, semua lagunya kerenn.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s